Permainan Wak Wak Gung Berasal Dari Daerah Jawa Barat

Asal mula dari permainan wak wak gung ini belum diketahui secara pasti. Namun, dari hasil yang telah dikenal oleh masyarakat Jawa barat yang menyatakan bahwa permainan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Permainan Wak Wak Gung Berasal Dari Daerah suku Betawi DKI Jakarta. Anda yang masih penasaran tentang permainan tradisional satu ini, berikut penjelasannya.

Permainan Wak Wak Gung Berasal Dari Daerah Jawa Barat

Dalam permainan ini hampir sama dengan ular naga dimana ada dua orang penjaga yang berhadapan dan saling berpegangan tangan yang diangkat ke atas membentuk kerucut, kemudian akan diturunkan jika memerangkap pemain di dalamnya. Kedua orang penjaga itu diibaratkan sebagai bulan dan matahari. Pada umumnya, permainan ini dimainkan oleh anak-anak yang berusia 6-12 tahun, baik laki-laki maupun perempuan. Jumlah pemainnya ada sekitar 10–40 orang.  Dari banyaknya pemain tersebut, hanya ada dua orang yang menjadi induk ayam, sedangkan sisanya akan dibagi dua grup setelah dalam permainan terjaring dan memilik salah satu induk ayam.

Permainan ini tidak menggunakan alat apapun, hanya sebuah lagu sebagai pengiring nyanyian. Saat berjalan dan memasuki lorong tersebut, biasanya para pemain akan terus bernyanyi hingga akhir nyanyian induk ayam akan turun dan memerangkap salah seorang dari barisan pemain yang mengelilinginya. Kemudian, yang terperangkap itu akan ditanya untuk memilih salah seorang induk, demikian seterusnya sampai terbentuk dua grup. Maka keduanya akan saling tarik-menarik hingga melewati garis batas permainan untuk menentukan menang atau kalahnya sebuah grup tersebut. Selanjutnya, kedua induk akan berdiri berjajar dan saling berpegangan tepat di atas garis batas permainan. Sementara tangan yang satunya lagi akan memegang salah satu tangan pemain lain yang telah memilih. Lalu membentuk barisan melebar dengan kedua induk ada di garis batas sebagai pusatnya. Anggota grup yang dapat menarik anggota grup lain melewati garis batas maka grup tersebut dinyatakan sebagai pemenangnya. Jika pemain masih ingin bermain maka permainan dimulai lagi seperti semula. Dari permainan tersebut bisa diambil banyak nilai, seperti kebersamaan, berlatih menjadi pemimpin yang adil dan sportif, berlatih melindungi satu sama lainnya, dan kegembiraan bersama. Semoga ini menjadi permainan yang tidak meredup pada jaman sekarang ini. Sekian penjelasan tersebut, untuk selengkapnya bisa dilihat langsung di judi slot pulsa. Semoga bermanfaat.