Kegunaan Tali Manila di Dunia Industri

Tali manila atau lebih dikenal dengan tali abaca memang sering kali didapati dalam berbagai kebutuhan industri. Memiliki karakteristik yang mampu menyerap air menjadikan jenis tali ini dikenal tidak tahan menghadapi gentakan besar atau dikatakan kecil nilai breaking loadnya. Itulah kenapa pemakaian jenis tali ini tidak bisa dipakai untuk pengaplikasian dalam kekuatan besar.

Meskipun membahas mengenai kekuatan tali tambang bisa disesuaikan oleh besarnya ukuran tali, tetapi jenis manila memang di khususkan untuk kegiatan yang tidak membutuhkan kekuatan tarikan besar dan berat. Saat ini industri yang sering memakainya berkaitan dengan lesting, sistem penambatan kapal yang berukuran kecil.

Sisi keunggulannya industri perkapalan menggunakan jenis manila yaitu karena tahan akan pengaruh air laut yang seringkali membuat jenis tari tempat lainnya mudah terkena korosi karena pengaruh kadar garam yang begitu tinggi.

Beberapa Kegunaan Tali Manila

Membahas mengenai penggunaan tali manila, pengaplikasiannya sampai saat ini memang sesuai dengan kebutuhan para penggerak industri. Selain itu fungsinya pun juga berbeda sesuai pengaplikasiannya di lapangan. Lalu apa saja kegunaan tali yang dikenal terbuat dari serat abaca ini, berikut ini beberapa kegunaan.

Pengaplikasian dalam tahapan ringan

Jenis tali dari serat abaca ini memang hanya digunakan dalam dunia penambatan dalam cakupan kecil saja. Biasanya pengaplikasian yang sering memakai tali ini ada kaitannya dengan lasting, pembuatan tangga di sebuah kapal dan bahan untuk jala-jala pengaman. Jika dipaksakan pemakai lifting atau towing maka akan mudah terputus saat terkena beban dalam cakupan besar.

Sebagai Media Bantu

Manila digunakna dalam dunia industry hanya sebagai media bantu saja. Misalnya pada sebuah cargo untuk membantu pengemasan barang supaya lebih aman. Kemudian dipakai untuk media bantu beberapa kebutuhan rumah tangga, perikanan, perlombaan, dan bisa dipakai pada kegiatan logging untuk menarik atau mengikat kayu setelah dipotong.

Dua kegunaan tali manila diatas memang sama sekali tidak membutuhkan gentakan atau sistem pemindahan barang dalam cakupan besar. Mengingat nilai breaking load tali ini memang sangat kecil sekali. Sangat penting memahami kegunaan tali supaya Anda bisa memakainya secara maksimal dan tidak menimbulkan resiko besar ketika memaksanya melebihi kekuatannya. Itulah karakteristik yang bisa Anda ketahui dari jenis tali dari pohon abaca ini. Semoga memberikan informasi baru untuk Anda semuanya.